Memahami 3 Jenis Keuntungan dalam Investasi Saham

peluang keuntungan dalam berinvestasi saham memang cukup besar, apabila investor dapat melakukan perhitungan dan menentukan keputusannya dengan baik. Secara garis besar, keuntungan dalam investasi saham dibagi menjadi 3 jenis. Apa sajakah jenis-jenis keuntungan dalam dunia investasi jenis saham? Yuk kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Beberapa tahun terakhir, popularitas kegiatan investasi khususnya saham semakin tinggi. Hal ini tentu didukung oleh beberapa faktor, yang pertama yakni meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi untuk dapat mengelola keuangan dengan baik.

Faktor kedua dari semakin tingginya popularitas saham sebagai produk investasi adalah karena peluang keuntungannya yang besar jika dapat melakukan perhitungan yang tepat.

Selain kedua faktor di atas, terdapat faktor lainnya yang cukup berpengaruh yakni kemajuan teknologi yang membuat akses ke kegiatan jual beli saham semakin mudah. Kini, masyarakat sudah dapat mulai melakukan berinvestasi saham dengan cepat dan mudah bahkan hanya melalui ponsel saja.

Tak hanya itu, berbagai jenis modul pembelajaran serta kelas saham untuk pemula juga sudah tersedia secara online. Karena ragam kemudahan yang ditawarkan, investasi jenis saham kini semakin diminati.

peluang keuntungan dalam berinvestasi saham memang cukup besar, apabila investor dapat melakukan perhitungan dan menentukan keputusannya dengan baik.

Secara garis besar, keuntungan dalam investasi saham dibagi menjadi 3 jenis. Apa sajakah jenis-jenis keuntungan dalam dunia investasi jenis saham?

Yuk kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Dividen di Investasi Saham

Pada dasarnya, dividen merupakan jenis keuntungan bagi para pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan. Keuntungan ini dibagikan berdasarkan keuntungan atau laba yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua pemegang saham memiliki hak untuk mendapatkan dividen karena hanya pemegang saham yang telah memenuhi syaratlah yang berhak untuk mendapatkan dividen dari perusahaan tempat sahamnya ditanamkan.

Setelah itu muncul pertanyaan, apa sajakah syarat-syarat yang ditetapkan agar seseorang berhak mendapatkan dividen? Secara umum, syarat mendapatkan dividen yang ditetapkan oleh satu perusahaan tidak berbeda jauh dengan perusahaan lainnya.

Syarat pertama, seorang pemegang saham harus sudah mempertahankan sahamnya dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu ini dikenal dengan julukan cum date (cumulative date) dan berbeda-beda pada tiap perusahaan.

Syarat kedua yakni pemegang saham tersebut telah menyimpan saham melebihi atau sama dengan batas jumlah tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan.

Secara umum, dividen akan dibagikan ke para pemegang saham pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Biasanya RUPS dilaksanakan pada akhir tahun (sekali dalam setahun), namun ada juga beberapa perusahaan yang melaksanakan RUPS pada pertengahan dan akhir tahun (dua kali dalam setahun).

Waktu pelaksanaan dari rapat umum pemegang saham ini ditentukan berdasarkan kebijakan dari masing-masing perusahaan. Selain itu, tidak semua perusahaan menyediakan dividen untuk para pemegang saham.

Capital gain di Investasi Saham

Agar lebih mudah dipahami terutama bagi investor pemula, capital gain dapat pula diartikan sebagai keuntungan dalam bentuk uang. Untuk lebih jelasnya, kita perlu mengingat kembali apa tujuan utama dari investasi saham.

Sudah pasti tujuan utama dalam berinvestasi saham adalah memperoleh keuntungan. Capital gain sendiri merujuk pada keuntungan yang didapatkan dari kegiatan investasi pada produk saham berupa selisih harga jual dan harga beli saham.

Seperti yang sudah kita ketahui, harga saham memang selalu mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu. Maksudnya adalah harga saham pada dasarnya memang selalu mengalami kenaikan dan penurunan dalam waktu tertentu.

Hal ini terjadi karena berbagai faktor, seperti pengaruh permintaan dan penawaran saham, kinerja perusahaan, kondisi ekonomi keseluruhan, dan faktor-faktor lainnya.

Seorang investor pastinya selalu mengincar selisih harga (capital gain) yang tinggi antara harga jual dan harga beli agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Saham Bonus di Investasi Saham

Selain dividen dan capital gain, keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh para pemegang saham adalah saham bonus.

Sesuai dengan namanya, saham bonus merupakan sebuah bonus atau keuntungan ekstra yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham yang diambil dari agio saham. Namun, apakah arti dari agio saham ini?

Sebenarnya, istilah agio saham merujuk pada selisih nilai antara harga jual saham dengan harga saham mula-mula ketika perusahaan melakukan penawaran umum saham di tingkat pasar perdana.

Saham bonus pada dasarnya diambil dari selisih kedua harga jual ini, dan dapat dibagikan kepada pemegang saham tertentu yang memenuhi syarat perusahaan.

Demikianlah tadi pembahasan lengkap mengenai 3 jenis keuntungan dalam investasi saham. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berinvestasi saham memang menawarkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, harus selalu diingat bahwa jenis investasi apapun pasti memiliki resiko, sehingga diperlukan perhitungan yang matang agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.