Pelatih Baru Untuk Klub Barcelona

Klub sepakbola Barcelona kini telah memiliki pelatih baru yaitu Xavi Hernandez. Pihak Barcelona dan Xavi telah setuju untuk bekerja sama dengan menandatangani kontrak yang berlaku hingga tanggal 30 Juni 2024

Xavi menandatangani kontrak bersama Los Cules. Xavi pun sudah diperkenalkan secara resmi oleh pihak Barcelona sebagai pelatih anyar pada tanggal 6 November 2021 kemarin. Xavi menggantikan posisi Ronald Koeman sebagai pelatih yang telah diberhentikan sejak tanggal 28 Oktober 2021 lalu.

Dipilih untuk melatih klub sepakbola yang berjasa membesarkan namanya, Xavi tentu saja dibebankan dengan tugas yang bisa dibilang sulit. Lelaki kelahiran Spanyol ini diharapkan dapat meningkatkan performa Los Cules yang menurun pada musim ini.
Saat ini, klub Barcelona memiliki peringkat di urutan sembilan klasemen sementara La Liga dengan nilai 17, yaitu hasil pertandingan yang didapatkan dari empat kemenangan, lima imbang, dan terpaksa menerima tiga kekalahan dari 12 pertandingan yang telah dimainkan.

Kemudian di pertandingan Liga Champions, Barca memiliki peringkat kedua dengan hasil enam poin, unggul dua angka dari Benfica di urutan ketiga. Dengan pertandingan musim ini yang masih ada dua laga lagi, Barcelona harus dapat meraih semua kemenangan yang tersisa jika berencana lolos ke-16 besar Liga Champions.

Lionel Messi Memberi Dukungan Pada Xavi

Setelah ditunjuk resmi untuk menempati kursi pelatih Barcelona, Xavi Hernandez juga mendapat dukungan dari Samuel Eto’o, Ronaldinho, serta Lionel Messi. Mereka adalah beberapa dari Legenda Tim Catalan. Sayang mereka tidak hadir dalam acara peresmian Xavi sebagai pelatih Barcelona. Xavi menceritakan Messi adalah seorang teman yang baik, Messi juga mengirimkan pesan untuknya semoga berhasil.
Sebagai tugas pertamanya sebagai pelatih Barcelona, Xavi Fernandez akan memimpin klub untuk bermain pada laga kontra Espanyol, dalam pertandingan minggu ke-14 La Liga di Camp Nou, pada tanggal 21 November mendatang.

Ambisi Xavi Untuk Klub Barcelona

Akan bermain dalam laga bertajuk El Derbi Barcelona tersebut, Xavi memiliki ambisi untuk membawa klub Barca meraih kemenangan. Tidak hanya dalam duel itu saja, Xavi Hernandez ingin Blaugrana terus menerus mendapatkan hasil yang bagus kedepannya. Xavi mengaku bahwa ia dan tim telah memikirkan pertandingan melawan Espanyol dan memiliki laga derbi di kandang.

Xavi juga menuturkan bahwa mereka sudah bersiap untuk meraih kemenangan. Mereka ingin menang dan menang lagi. Oleh karena itu, Xavi sudah mulai melirik pemain penyerang yang kuat dan handal. Akan tetapi, saat ini Barca terpaksa tidak memiliki pemain penyerang yang handal karena Sergio Aguero akan vakum selama tiga bulan kedepan karena masalah kesehatan jantungnya.

Karena itu, Xavi Hernandez sudah membidik tiga nama sekaligus, yaitu Edinson Cavani dari Manchester United , Alexandre Lacazette dari Arsenal dan Karim Adeyemi dari Red Bull Salzburg.

Karim Adeyemi digadang – gadang sebagai The Next Erling Haaland. Selain pernah dan masih membela RB Salzburg, keduanya juga sama garangnya saat bermain di depan gawang lawan. Musim ini bersama RB Salzburg, Karim Adeyemi berhasil mencetak 15 gol dari 22 pertandingan di semua kompetisi.

Kemudian, Xavi Hernandez melirik dua winger, yaitu Kingsley Coman dari Bayern Munich dan Raheem Sterling dari Manchester City. Sama halnya dengan posisi penyerang, Barcelona juga hanya mendatangkan satu di antara pilihan yang ada.
Maka dari itu, hal yang cukup menarik untuk menunggu atau menebak nama-nama siapa saja yang diinginkan Xavi Hernandez untuk dibawa ke Barcelona. Dengan ini akan kita nantikan bagaimana performa Xavi sebagai pelatih di klub Barcelona.

Sekilas Mengenai Xavi

Pria asal Spanyol yang lahir pada tanggal 20 Januari 1980 ini adalah mantan pemain sepakbola sebelum menjadi pelatih. Ia bermain dengan posisi sebagai midfielder atau gelandang tengah. Bernama lengkap Xavier Hernandez Creus, ia aktif bermain dari tahun 1984 hingga tahun 2019.
Sebelum bergabung memimpin klub Barca, Xavi pernah menjadi manajer Al Sadd pada 28 May 2019 selama 2 tahun hingga tanggal 3 November 2021. Selama waktu 2 tahun tersebut, Xavi berhasil membawa tim Al Sadd membawa pulang 7 buah trofi.