Eddie Howe Sebagai Pelatih Baru

Saat ini Newcastle telah mendapatkan pengganti Steve Bruce untuk mengisi posisi pelatih. Eddie Howe adalah orang yang dipilih oleh Newcastle. Pihak Newcastle United telah mengumumkan kabar ini pada hari Senin, tanggal 8 November 2021 kemarin.

Sebelumnya, Eddie Howe telah menandatangani kontrak dengan Newcastle hingga tahun 2024. Akan tetapi ia belum menjadi pelatih pada grup manapun setelah meninggalkan Bournemouth yang didegradasi pada bulan Agustus 2020 kemarin.
Eddie Howe mengatakan jika kesempatan yang diberikan padanya untuk melatih The Magpies, julukan klub Newcastle, merupakan hal yang luar biasa. Namun tentu saja, Howe juga menyadari bahwa banyak tugas berat yang menanti untuk dikerjakan kedepannya.

Karena pada saat ini klub Newcastle masih menempati posisi ke-19, yaitu zona degradasi di klasemen Liga Inggris. Pelatih asal Inggris yang berumur 43 tahun itu mengucapkan terima kasih yang ditujukan kepada pihak klub dan mengaku tidak sabar untuk memimpin latihan klub.

Disambut Hangat Oleh Pihak Newcastle

Eddie Howe pun tidak lupa untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemilik klub karena ia telah diberikan kesempatan untuk melatih para pemain. Selain itu, para pemain Newcastle juga memberikan sambutan hangat untuk Eddie Howe. Hal ini tentunya menjadikan Howe merasa semakin semangat lagi untuk segera memulai pekerjaannya sebagai pelatih Newcastle.

Sebelumnya, The Magpies telah mengajukan tawaran kepada manajer Villarreal, Unai Emery, untuk menduduki posisi sebagai pelatih, namun sayangnya Unai Emery menolak tawaran tersebut. Sehingga Eddie Howe bukanlah pilihan pertama yang terlintas dalam benak pihak Newcastle.

Lalu perwakilan klub Newcastle yaitu Amanda Staveley juga menceritakan karena Howe berhasil terpilih dengan melalui proses perekrutan yang ketat, pihak klub merasa terkesan dengan Howe. Staveley mengatakan tentang Howe sebagai pelatih yang bersemangat dan dinamis. Staveley juga menuturkan bahwa Eddie Howe cocok dengan apa yang mereka coba lakukan.

Pria kelahiran Inggris pada tanggal 29 November 1977 ini sebelum bergabung menjadi pelatih Newcastle, ia pernah menjadi pelatih untuk AFC Bournemouth dari tahun 2008 hingga 2011, lalu melatih Burnley selama satu tahun yaitu pada tahun 2011 hingga 2012, kemudian kembali mengambil posisi sebagai pelatih untuk AFC Bournemouth dari tahun 2012 hingga 2020.

AFC Bournemouth berhasil bertahan di Premiere League selama lima musim dibawah arahan Howe sebelum akhirnya mengalami kekalahan di pertandingan Championship pada tahun 2020 lalu. Setelah itu Howe pun memutuskan untuk mengajukan resign sebagai pelatih AFC Bournemouth. Lalu setelah jangka waktu setahun kemudian, Eddie Howe akhirnya mengambil langkah untuk kembali ke dunia bola sebagai pelatih The Magpies.

Mengapa Eddie Howe Yang Dipilih?

Dengan direkrutnya Eddie Howe, sebenarnya banyak pihak yang mempertanyakan mengapa Newcastle memilih Howe untuk menempati posisi sebagai pelatih. Tentunya pertanyaan ini muncul karena Newcastle telah dibeli oleh Konsorsium Arab Saudi senilai 5,8 triliun rupiah. Mengapa Newcastle tidak memilih untuk merekrut pelatih yang lebih hebat?

Sebelum memilih Howe sebagai pelatih baru klub, pihak Newcastle ternyata sudah terlebih dahulu menawarkan kesempatan bekerja sama untuk mengisi posisi sebagai pelatih kepada Antonio Conte dan Unai Emery. Namun sayangnya tidak ada kesepakatan yang tercapai pada pihak Newcastle dengan Conte maupun Emery.

Saat ini, Newcastle tengah berada di posisi zona degradasi di klasemen Liga Inggris. Tentunya jika menempati posisi sebagai pelatih baru, diharapkan dengan naungan pelatih baru tersebut dapat menyelamatkan Newcastle dari zona degradasi.
Pelatih yang lebih hebat pastinya diharapkan dapat melakukan lebih dari sekedar menyelamatkan klub dari zona degradasi. Situasi dan kondisi yang rumit seperti ini nampaknya bisa dibilang dapat menjadikan Eddie Howe sebagai orang yang tepat untuk menempati posisi sebagai pelatih.

Sejarah karir Howe sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai perjalanan karir yang hebat namun juga tidak termasuk buruk. Howe juga sedang melirik dua orang pemain yang saat ini sering dianggurkan di bangku cadangan. Dua pemain tersebut berasal dari klub Manchester United yaitu Jesse Lingard dan Donny van de Beek. Dengan dipilihnya Eddie Howe sebagai pelatih baru, Newcastle diharapkan dapat bangkit dari keterpurukannya.

Tagged in: