Naturalisasi Pemain Sandy Walsh dan Jordi Amat

Pengurusan naturalisasi terhadap para pemain yang memiliki keturunan Indonesia pun akhirnya dilakukan, seperti yang sudah dibocorkan beberapa pemain Sandy Walsh dan Jordi Amat.
Dimana terlihat sebuah dokumen PSSI oleh wartawan saat pelepasan Timnas Indonesia ke Turki. Dan Pihak Federasi yang tidak sengaja menampilkan profil dua nama pemain yang akan bergabung menjadi calon Timnas Indonesia.

Seperti yang sudah dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan benar adanya beberapa pemain yang diajukan oleh Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong beberapa diantaranya adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk diajak bergabung dengan Timnas Indonesia.

Namun sebelumnya pengajuan yang dilakukan Shin Tae Yong sempat tidak digubris oleh pihak Federasi. Tentunya hal ini sangat disayangkan oleh Shin Tae Yong yang ingin memasukan beberapa pemain bagus yang memiliki keturunan untuk membela Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menanggapi perihal hal tersebut dimana bahwa Ia sudah mengatakan pemilihan pemain itu merupakan hak dari seorang pelatih untuk mencari. Dan tentunya Ia memberikan kebebasan pada pelatih Shin Tae-Yong. Namun terlebih dari hal itu, pengajuan yang dilakukan Shin masih akan didalami dan dikaji lebih dulu.

Mochamad Iriawan juga menambahkan apakah dari pengajuan terhadap para pemain tersebut bisa dimasukan apa tidak. Dari informasi yang diberikan ada pemain yang bagus, dari ini akan dihubungi dahulu untuk pengecekan apakah benar para pemain tersebut ingin bergabung dengan Timnas Indonesia atau pernah bermain di Timnas atau tidak. Dan nantinya akan diakomodir dengan aturan baru dari FIFA.

Profil Sandy Walsh, diketahui pemain Klub asal Belgia, KV Mechelen memiliki keturunan Indonesia dari Ibunya yang lahir di Indonesia. Dan sama halnya dengan Walsh, Jordi Amat, pemain Klub Belgia Eupen juga mengakui memiliki keturunan darah Indonesia dari pihak Ibunya.

Dua Profil Pemain Lainnya Belum Diungkapkan Selain Sandy Walsh dan Jordi Amat

Dua pemain keturunan lainnya selain Sandy Walsh dan Jordi Amat masih belum diungkapkan dengan jelas identitasnya namun sedang dalam pantauan menurut penjelasan Ketua Umum Mochamad Iriawan.

Dan dipastikan dari pihak PSSI sedang membuat persiapan segalanya agar para pemain – pemain nantinya bisa benar memperkuat Timnas Indonesia dikarenakan proses naturalisasi nantinya akan disesuaikan dengan aturan negara dan FIFA.
Mochamad Iriawan yang sedang fokus dengan pelepasan Timnas Indonesia ke Turki. Jadinya Ia meminta Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto untuk menanyakan kepastian mengenai dua pemain lainnya yang diajukan. Apakah benar akan bergabung dan bermain membela Timnas Indonesia.

Ia juga menjelaskan bahwa proses bagi seorang pemain luar untuk mendapatkan status sebagai seorang WNI cukup sangat panjang. Kendati demikian, jika sangat diperlukan, ada kemungkinan bisa dilakukan usaha bantuan yang bisa mempercepat prosesnya yakni lewat bantuan pemerintah.

Jadi akan dilakukan pelaporan ke pihak Pemerintah agar bisa mendapatkan dispensasi untuk mempercepat proses para pemain yang diajukan untuk segera bergabung mendukung Timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong Sempat Tidak Menyetujui Proses Naturalisasi

Dari pihak Shin Tae-Yong selaku pelatih PSSI, membenarkan adanya jumlah empat pemain yang dipilih untuk bergabung membela Timnas. Shin juga sempat menolak pengajuan naturalisasi ini dikarenakan semua pemain yang diajukan sudah memiliki keturunan darah Indonesia. Namun dalam pengajuan ini nantinya akan dibantu dan diusahakan oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan.

Pelatih asal Korea Selatan ini juga mengungkapkan dengan optimis bawah empat pemain ini yang diajukan nantinya akan bisa memperkuat Timnas di Asean. Dan juga ada para pemain lainnya lagi yang bisa diajukan nantinya, namun kini Shin ingin fokus dahulu dengan para pemain yang baru diajukannya tersebut

Respon Positif dari Sandy Walsh di Akun Instagram

Tentunya hal ini adalah kabar baik untuk para pecinta sepak bola Indonesia dimana salah satu akun Instagram yang sering membagikan berita pemain sepak bola bangga.garuda.

Akun bangga.garuda juga sempat mengunggah via story di Instagram tentang sebuah dokumen yang berisi profil dua pemain diantaranya Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Tidak kalah bahagianya akun tersebut juga sempat mengirimkan pesan kepada salah satu pemain, Sandy Walsh tersebut. Dimana Walsh membalasnya dengan emoji tangan doa.

Akun tersebut kemudian mengirimkan doanya agar Walsh bisa segera bergabung dan membela Timnas Indonesia dan Walsh juga membalasnya dimana Ia juga memiliki harapan yang sama untuk segera bergabung dan membela Timnas Indonesia.