Apa itu Kartu Prakerja? Dan Bagaimana Tahapan Programnya ?

Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah dalam rangka pengembangan kompetensi kerja, keterampilan, dan kewirausahaan berupa bantuan dana yang diberikan kepada para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pun pekerja yang membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi seperti pemilik usaha mikro.

Program Pendaftaran Kartu Prakerja ini digalakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan memberikan bantuan dana supaya digunakan untuk mengikuti pelatihan atau kursus yang dapat meningkatkan keterampilan, kompetensi, dan kewirausahaan. Program ini juga bertujuan agar mengurangi angka pengangguran di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja agar lebih maju dalam kualitas sumber daya manusia nya.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Jika Anda ingin mendaftar Program Pendaftaran Kartu Prakerja ini, maka Anda harus memperhatikan dulu persyaratan yang telah ditentukan. Jika Anda telah memenuhi semua persyaratan, maka Anda dapat melanjutkan untuk mendaftar program tersebut. Berikut adalah persyaratan untuk mendaftarnya :

  • Sudah berusia 18 tahun.
  • Warga Indonesia
  • Pendaftar tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Pendaftar adalah pencari kerja, pekerja yang terimbas Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ), atau pekerja yang ingin meningkatkan ketrampilan, kompetensi, maupun kewirausahaan. Dapat diikuti juga oleh pelaku usaha mikro atau usaha kecil.
  • Pendaftar bukan atau tidak menerima bantuan sosial dari pemerintah selama pandemi Covid – 19.
  • Pendaftar bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) / Aparatur Sipil Negara ( ASN ), pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, Tentara Nasional Indonesia ( TNI ), Polisi RI ( POLRI ), Kepala desa, Perangkat desa, Dewan Pengawas / Komisaris BUMN atau BUMD.
  • Dalam satu Kartu Keluarga ( KK ), maksimal penerima bantuan program kartu tersebut adalah 2 Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) atau 2 orang saja.

Tahapan dalam Mengikuti Program Kartu Prakerja

Dalam Program Pendaftaran Kartu Prakerja tersebut, terdapat beberapa tahapan program yang dapat Anda ikuti. Berikut adalah tahapan atau langkah – langkah yang dapat Anda lakukan dalam mengikuti program :

Registrasi atau Pendaftaran Kartu Prakerja

Tahap pertama adalah tahap pendaftaran. Pada tahap ini, Anda dapat melakukan registrasi melalui website resmi pemerintah yaitu  https://www.kartuprakerja.go.id . Berkas yang harus di siapkan adalah e – mail aktif, NIK, No. KK, dan nomor hp yang masih aktif. Kemudian Anda dapat mengikuti langkah – langkah atau prosedur pengisian data diri pada halaman pendaftaran di website tersebut.

Proses Seleksi 

Pada tahap seleksi, Anda dapat mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar agar dapat mengikuti seleksi gelombang selanjutnya. Tes itu digunakan untuk mengukur sejauh mana motivasi dan tingkat kemampuan Anda. Setelah itu Anda tinggal menunggu pengumuman dari hasil seleksi.

Memilih Pelatihan

Pada tahap ini, Anda dapat memilih pelatihan yang sudah disediakan oleh beberapa platform digital dan membayarnya dengan bantuan dana dari Program Pendaftaran Kartu Prakerja. Anda dapat memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Pelaksanaan Pelatihan

Pada langkah ini, Anda hanya perlu mengikuti pelatihan dengan sungguh – sungguh dan pastikan bahwa setiap program pelatihan yang Anda ikuti dapat terserap dengan baik dan dapat menambah kemampuan serta kompetensi dalam diri Anda.  Setelah mengikuti pelatihan dari Program Pendaftaran Kartu Prakerja maka Anda akan mendapatkan sertiikat keahlian yang dapat berguna bagi Anda dalam melamar kerja.

Memberikan Rating dan Ulasan

Setelah mengikuti program pelatihan dan mendapatkan sertifikat keahlian di, Anda harus memberikan penilaian dan mengisi ulasan sebagai saran dan masukan terhadap program pelatihan yang telah Anda ikuti. Anda harus mengisi nya dengan jujur dan tanpa di buat – buat.

Pencairan Insentif

Tahapan yang terakhir adalah dengan melakukan pencairan insentif, Anda harus menyambungkan rekening dengan e – wallet terlebih dahulu agar dapat mencairkan biaya. Banyak e – wallet yang dapat Anda gunakan, misal nya Aplikasi DANA. Anda dapat menerima insentif sebesar Rp. 600.000,- pada setiap bulan. Namun insentif tersebut hanya berlaku selama 4 bulan setelah Anda selesai menyelesaikan program pelatihan.

Kesimpulan

Program pemerintah ini tidak hanya di tujukan pada pengangguran saja, namun bisa juga diikuti oleh para pekerja yang terkena PHK, dan pelaku usaha yang ingin meningkatkan kompetensi dan kewirausahaannya, termasuk bagi pelaku usaha mikro atau usaha kecil. Jika Anda mengikuti program ini dengan baik, maka Anda akan mendapatkan sertifikat keahlian yang nanti nya dapat berguna bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

Ulasan pada artikel di atas dapat memberikan gambaran informasi bagi Anda yang ingin mengetahui tentang kartu prakerja dan tahapan program nya. Jika Anda memenuhi segala persyaratan yang telah di tentukan, maka Anda dapat segera mendaftar agar dapat mengikuti program tersebut.