Cara Invest Saham Terbaik untuk Pemula

Jadi, jika Anda ingin belajar untuk bermain saham, maka Anda harus mengetahui dan memahami dengan baik dan benar tentang bagaimana cara invest saham terbaik untuk pemula.

Jadi, di bawah ini, kami akan menghimpun beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan keberuntungan yang berlipat ganda dari investasi saham. Ingatlah, bahwa Anda tidak perlu takut untuk berinvestasi, asalkan memiliki tekad dan kemauan yang kuat serta ilmu yang cukup saja Anda sudah bisa berinvestasi dengan baik.

Belakangan ini, saham sering menjadi topik terhangat yang diperbincangkan di kalangan milenial. Banyak orang di seluruh penjuru dunia yang mulai berlomba-lomba untuk menjadi investor saham perusahaan tertentu, karena diketahui memiliki potensi keuntungan yang luar biasa yang bisa didapatkan.

Saham kini menjadi salah satu bentuk investasi yang paling menjanjikan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Luangkan Waktu untuk Belajar Cara Invest Saham Terbaik untuk Pemula

Jika Anda ingin berinvest saham, maka cara invest saham yang pertama kali harus Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk mempelajari dan mendalami ilmu tentang saham terlebih dahulu. Perbanyak ilmu sedalam-dalamnya agar Anda dapat berinvestasi saham dengan baik, karena kalau bukan sekarang kapan lagi? Tidak perlu menunggu waktu luang, tetapi alokasikanlah waktu khusus untuk belajar saham dari 24 jam yang Anda miliki setiap harinya.

Apa yang perlu Anda pelajari? Segala hal terkait seluk-beluk tentang saham, seperti investasi saham, istilah yang sering digunakan, analisis fundamental, analisis teknikal, dan sebagainya. Jika Anda merasa belum puas untuk belajar secara ‘otodidak’, Anda juga bisa bergabung ke komunitas yang khususnya membahas saham, menonton YouTube seputar saham, ataupun membaca buku yang terkait.

Pilihlah Sekuritas yang Tepat dan Terjamin Aman

Setelah Anda memperdalami ilmu tentang saham, cara invest saham selanjutnya adalah dengan mempelajari berbagai sekuritas atau broker saham. Anda harus mengetahui apa saja sekuritas yang ada di sana, karena terhitung banyak sekali jumlahnya. Dari situlah, Anda bisa mempertimbangkan mana saja sekuritas yang aman, alias Anda tidak boleh sembarangan memilih broker/sekuritas, karena masing-masing di antaranya memiliki biaya transaksi yang berbeda antara pembelian dan penjualan saham.

Normalnya, semakin kecil biaya transaksinya maka Anda akan semakin diuntungkan, namun belum tentu perusahaan sekuritas yang menerapkan tarif transaksi yang mahal itu tidak selamanya buruk karena bisa saja pelayanannya lebih baik dan aplikasinya lebih memuaskan konsumen. Jadi, Anda harus mempertimbangkan pemilihan sekuritas dari berbagai sisi, dan pilihlah sesuai dengan yang Anda butuhkan dan terjamin bagus dengan melihat track record-nya.

Pahami Indeks Saham yang Ada

Saat ini, PT BEI alias PT Bursa Efek Indonesia memiliki lebih dari 30 (tiga puluh) indeks saham, dan hal ini sangat penting untuk diketahui oleh Anda dan para investor saham pemula lainnya. Sebetulnya, indeks saham adalah ukuran statistik yang merepresentasikan harga atas saham berdasarkan metode dan kriteria tertentu serta dilakukan evaluasi secara berkala.

Tujuan adanya indeks saham adalah untuk mengukur sentiment pasar, menjadi landasan untuk portofolio saham aktif, sebagai proxy untuk kelas aset pada alokasinya, dan sebagainya. Bagi Anda yang masih pemula akan saham, Anda bisa mencoba untuk berinvestasi saham-saham yang terkumpul dalam indeks seperti IDX30 dan LQ45, karena nilai likuiditasnya yang cukup tinggi, alias Anda dapat bermain saham dengan cantik dan aman dengan risiko yang minimal.

Kenali Perusahaan dan Industrinya

Anda juga harus mempelajari dan menganalisis kondisi perusahaan yang ingin Anda tuju untuk melakukan investasi saham, misalnya mencari tahu latar belakang dan sepak terjangnya dalam pengembangan usaha, apakah selama ini selalu untung atau malah merugi, atau adakah faktor eksternal yang dapat memengaruhi nilai saham perusahaan itu nantinya (seperti adanya isu sosial politik yang menyebabkan anjloknya saham), dan sebagainya.

Pantang Menyerah!

Salah satu kunci keberhasilan dari investasi saham adalah pantang menyerah alias jangan mudah untuk menyerah. Konsisten, sabar, selalu optimis, dan tidak takut untuk mengambil risiko, sikap-sikap tersebut akan membuat Anda semakin kuat dan semakin tahan dalam berinvestasi saham demi mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Jangan terlalu takut akan risiko gagal atau malah justru ingin cepat kaya, tanamkan mindset yang baik bahkan sebelum Anda memulai untuk membawa dampak yang signifikan dari investasi saham.

Itulah tadi beberapa langkah yang semoga berguna untuk Anda yang ingin berinvestasi saham bahkan ketika Anda masih dianggap sebagai pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.