Cara Main Saham bagi Pemula

Seiring bertambahnya minat serta pengetahuan masyarakat di bidang investasi, pastinya kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai cara-caranya. Berikut telah kami sajikan penjelasan lengkap mengenai cara main saham bagi pemula, maka jumlah investor pemula juga semakin bertambah. Salah satu produk investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat terutama para investor pemula adalah saham, sehingga peminat saham juga terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Hal ini tentu berdampak positif terutama di dunia investasi Indonesia secara keseluruhan sehingga menciptakan ekosistem investasi yang sehat dan terus berkembang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di cara main saham bagi pemula, saham memang sudah menjadi salah satu produk investasi yang paling diminati. Hal ini tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kemudahan akses jual beli.

Saat ini, kegiatan jual dan beli saham sudah dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui ponsel atau komputer saja. Oleh karena itu, kegiatan investasi saham sudah dapat dijangkau oleh masyarakat luas sehingga prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat.

Berikut Cara Main Saham Bagi Pemula

• Mempersiapkan modal awal
Sama seperti jenis investasi lainnya, tahap pertama yang harus dilakukan sebelum dapat melakukan kegiatan investasi saham adalah mempersiapkan modal awal. Anda sudah tidak perlu khawatir, karena modal awal yang dibutuhkan untuk dapat berinvestasi saham tidaklah besar dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu mengalokasikan dana yang besar dari pendapatan bulanan atau bahkan pinjaman untuk dapat mulai berinvestasi.
Secara umum, para ahli menyarankan agar 10% dari pendapatan seseorang dialokasikan untuk melakukan kegiatan investasi. Namun, kegiatan investasi tidak terbatas pada saham saja, sehingga 10% dari pendapatan dapat dialokasikan untuk berbagai jenis investasi yang berbeda sebagai sarana diferensiasi.

• Mempelajari lebih lanjut mengenai mekanisme saham
Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, investasi saham memang memiliki mekanisme yang cenderung lebih rumit.

Hal ini terjadi karena harga saham terus mengalami perubahan (fluktuasi) dari waktu ke waktu, sehingga masing-masing investor perlu mempersiapkan perhitungan yang matang serta menentukan keputusan yang tepat agar dapat menghindari kerugian dan mendapatkan keuntungan.

• Menentukan broker saham
Istilah broker sebenarnya merujuk pada perantara antara perusahaan perseroan yang menawarkan saham dengan masyarakat luas sebagai investor. Saat ini, semua saham yang diperdagangkan secara umum dan bersifat publik dapat diakses melalui broker saham.

Karena perkembangan teknologi, istilah broker tidak terbatas pada perusahaan khusus atau orang-orang yang menjadi perantara saja, melainkan juga aplikasi saham. Hal ini terjadi karena masyarakat sudah dapat memulai kegiatan investasi melalui aplikasi investasi saham yang tersedia baik di ponsel maupun komputer. Dalam hal ini, aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai perantara dan termasuk ke dalam broker saham.

• Membuka rekening saham pribadi
Pada dasarnya, aktivitas jual dan beli saham yang dilakukan melalui broker hanya dapat dilakukan oleh para investor dengan menggunakan rekening saham pribadi.

Untuk dapat membuka rekening saham pribadi sangatlah mudah, yakni calon investor hanya perlu melengkapi data diri serta formulir pendaftaran dan melakukan verifikasi data secara online, melalui layanan yang disediakan oleh pihak broker.

• Membuka rekening dana nasabah
Dalam berinvestasi, kita pastinya memerlukan sebuah rekening yang secara khusus digunakan untuk menyimpan dana hasil keuntungan investasi bagi investor pemula, serta modal untuk mengelola aset investasi ke depannya. Di dunia investasi saham, kita mengenal adanya rekening dana nasabah.

Sebenarnya rekening dana nasabah merupakan sebuah rekening khusus yang dibuat di bank umum yang bertujuan untuk menyimpan modal berinvestasi serta hasil keuntungan dari kegiatan jual dan beli saham.

• Memilih saham yang sesuai
Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham secara maksimal, seorang investor pastinya harus memilih saham yang sesuai.

Pada dasarnya, saham yang sesuai dapat ditentukan melalui analisa pergerakan harga saham serta kondisi lain seperti kinerja perusahaan. Seorang investor pastinya harus memilih saham yang berpeluang untuk mengalami peningkatan untuk ke depannya.

• Mulai membeli saham
Apabila sudah menentukan saham yang terbaik, tahap selanjutnya adalah mulai membeli saham. Anda sudah dapat dengan mudah membeli saham secara langsung melalui broker investasi ataupun aplikasi online.

Pastikanlah bahwa dana yang disetorkan sudah cukup untuk membeli saham yang dipilih.

• Melakukan analisa
Setelah semua tahapan di atas selesai dilakukan, terdapat satu tahap lagi yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan yakni melakukan analisa. Kegiatan yang satu ini sangat esensial untuk menghitung hasil investasi, mengukur keuntungan, serta memprediksi pergerakan harga saham selanjutnya.

Selain itu, analisa juga cukup penting untuk menentukan langkah investasi seperti tahan, jual, atau membeli lagi.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara main saham bagi pemula. Jika melihat pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya cara main saham tidaklah terlalu rumit, serta mudah untuk dipelajari. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk mulai berinvestasi saham agar dapat memperoleh keuntungan tambahan dengan cara yang aman, mudah, dan terjangkau