Cara Main Saham Online

Saat ini, investasi saham adalah salah satu pilihan investasi yang cocok untuk dicoba oleh semua kalangan.

Bahkan, Anda bisa menjadi investor dengan cara online, tentu saja dengan tawaran keuntungan yang tak kalah kerennya dengan investor pada umumnya.

Lantas, bagaimana cara main saham online dengan baik? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika ingin menekuni saham secara online.

Pilihlah Sekuritas yang Diinginkan, lalu Buka Rekening di sana

Cara main saham online pertama kali yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih perusahaan sekuritas/broker yang terpercaya, tentu saja yang sudah termasuk ke dalam list sekuritas resmi dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Setelah itu, Anda harus membuka rekening saham di sana.

Mengapa Anda wajib memiliki rekening saham? Karena rekening saham itu digunakan dalam kegiatan transaksi seputar saham.

Jangan khawatir, karena sudah banyak sekuritas (baik dalam bentuk situs saja atau sudah disediakan dalam bentuk aplikasi) yang memberikan layanan pembukaan rekening secara online, jadi Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke sekuritas/broker tersebut, melainkan cukup mengisi beberapa data diri yang dibutuhkan, serta mengunggah foto e-KTP beserta selfie dengan e-KTP Anda, NPWP, dan buku rekening tabungan.

Biasanya, proses verifikasi pembukaan rekening ini membutuhkan waktu sekitar beberapa hari kerja, hingga Anda akan mendapatkan SID (Single Investor Identification) dan RDN (Rekening Dana Nasabah) jika berhasil.

Setor Dana yang Anda Inginkan sebagai Modal untuk Main Saham Online

Untuk memulai saham secara online, maka Anda harus melakukan penyetoran dana dengan jumlah yang Anda inginkan untuk melakukan transaksi seputar saham. Setorlah modal (baca: deposit) yang Anda inginkan ke RDN yang telah disediakan oleh sekuritas tersebut, di mana jumlah setorannya tergantung pada jumlah transaksi saham yang ingin Anda lakukan.

Namun, saya sarankan bagi Anda untuk mulai menyetor dana dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu, dan saat ini sudah banyak sekuritas yang melayani fasilitas penyetoran deposit dengan jumlah minimal nominal yang sangat kecil.

Unduh Aplikasi Online Trading

Untuk bisa bertransaksi saham secara online, maka cara main saham online yang tak boleh Anda lewatkan adalah mengunduh software ataupun aplikasi online trading yang sudah disediakan oleh sekuritas tempat Anda membuka rekening. Biasanya, aplikasi yang disediakan ini gratis alias tidak dikenakan biaya apapun.

Bahkan, saat Anda membuka rekening, biasanya sekuritas akan menyediakan username dan password melalui email aktif Anda, yang bisa Anda gunakan untuk melakukan login ke software ataupun aplikasi tersebut.

Di sana, Anda bisa melihat deposit dana yang sudah disetor dan bisa melakukan transaksi jual-beli saham, dan bahkan Anda bisa menyaksikan pergerakan saham yang Anda tuju secara real-time, sehingga Anda dapat melakukan analisis dengan memutuskan apakah saham itu layak untuk diperjualbelikan untuk keuntungan Anda ataupun tidak.

Beli Saham secara Online

Dengan adanya aplikasi yang Anda unduh, Anda sudah bisa memulai untuk membeli saham secara online. Namun, pertama-tama, Anda harus menentukan saham yang ingin dibeli dan jangan lupa untuk mengingat/menghafal kode sahamnya terlebih dahulu agar lebih mudah dalam memantaunya.

Ketika ingin melakukan order/buy saham, tentukan harga yang diinginkan, dan Anda akan melihat harga penawaran/bid dan harga penjualan/offer.

Jika Anda menginginkan pembelian yang efektif, pasang harga beli yang sama dengan harga penjualan terendah, atau jika Anda menginginkan harga beli yang lebih murah, maka pasang harganya di bawah harga jual terendah, di mana artinya Anda harus rela untuk mengantri sampai ada penjual yang menurunkan harga jualnya ke harga beli yang Anda pasang.

Ingatlah bahwa order Anda mengikuti prioritas waktu dan harga..

Jual Saham secara Online

Anda juga dapat menjual saham secara online, di mana caranya sangat mudah. Cukup pilih saham yang saat ini Anda miliki, lalu tentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang ingin dijual. Tentukan dengan baik karena penentuan harga jual akan menentukan seberapa cepat transaksi saham bisa dilakukan.

Jika Anda ingin menjual secara cepat dan segera, Anda pasang harga jual di harga beli tertinggi pada saat itu, namun jika Anda menginginkan hasil penjualan yang lebih besar, maka pasanglah harga jual pada angka yang lebih tinggi.

Itulah tadi beberapa langkah yang semoga berguna untuk Anda yang ingin berinvestasi saham secara online, bahkan jika Anda baru saja masuk ke dunia saham alias belum tahu apa-apa. Semoga informasi seputar saham online ini bermanfaat untuk Anda.