Simak Cryptocurrency List Berdasarkan Nilai Kapitalisasi Pasarnya

Aset kripto atau cryptocurrency merupakan bidang investasi yang tengah naik daun dan mulai menarik perhatian baik investor baru maupun investor lama.

Harga cryptocurrency list mengalami lonjakan tajam semenjak satu sampai dua tahun terakhir yang mana total kenaikannya hampir 10 kali lipat.

Mengingat harga bitcoin (sebagai salah satu aset kripto paling berharga di dunia) per Maret 2020 hanya seharga USD 5.182,7 dan per Desember 2021 ini nilai per satu koin berada di kisaran USD 48.000 -an.

Bahkan harga bitcoin pernah menjajaki rekor tertinggi seharga USD 68.789,63 pada November lalu.

Alhasil semakin banyak orang tergiur menanamkan modalnya di sektor cryptocurrency karena tergiur akan kenaikan harganya yang kian hari semakin melambung tetapi perlu diingat aset kripto memiliki pergerakan yang amat fluktuatif dibandingkan dengan pergerakkan saham.

Sehingga Anda harus benar-benar menyisihkan waktu untuk memantau kondisinya dan tanggap atas berbagai sentimen yang mengakibatkan pergerakkan dari aset kripto itu sendiri.

Aset kripto terbagi dari berbagai jenis koin yang diperdagangkan mulai bitcoin, ethereum (ether), binance dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis koin kripto ini tentu memiliki harga, kelebihan dan kekurangan yang berbeda – beda sehingga Anda harus mencari tahu apa koin terbaik untuk diinvestasikan.

Cryptocurrency List Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Berikut cryptocurrency list berdasarkan nilai kapitalisasi pasar yang patut Anda ketahui atau menjadi aspek pertimbangan dalam menanamkan modal sehingga keuntungan yang diharapkan benar – benar terealisasikan dengan baik. Koin – koin tersebut meliputi:

1. Bitcoin (BTC)
Bitcoin adalah aset kripto yang paling berharga dan paling familiar di telinga masyarakat dan investor pasalnya setiap hari ada saja berita seputar koin kripto termahal di dunia ini.

Kapitalisasi pasar bitcoin senilai USD 1,23 triliun atau menyumbang 43,2 persen dari total keseluruhan kapitalisasi aset kripto global. Tidak dipungkiri, banyak pasang mata melirik koin satu ini untuk dijadikan sebagai target investasi mengingat kapitalisasi pasarnya yang bernilai fantastis.

2. Ethereum atau Ether (ETH)
Eter merupakan koin yang menempati posisi kedua sebagai koin termahal dan terbesar setelah bitcoin yang mana nilai kapitalisasi pasarnya menyentuh angka USD 554,81 miliar. Persentase dominasi ether terhadap akumulasi keseluruhan kapitalisasi aset kripto yakni 19,4 persen.

3. Binance Coin (BNB)
Awalnya binance merupakan koin yang berada di blockchain ethereum atau tergolong ke dalam ether. Tetapi kemudian memisahkan diri dari ether dan membentuk koloni sendiri di blockchain dan langsung menyalip koin – koin lainnya dan kokoh bertengger di urutan ketiga.

Terpantai nilai kapitalisasi pasar koin binance di angka USD 109,08 miliar.

4. Tether (USDT)
Tether adalah stablecoin yang berfungsi untuk mencerminkan harga mata uang Amerika Serikat (dolar AS). Jeni koin ini diluncurkan oleh salah satu perusahaan asal Hong Kong pada tahun 2014. Saat ini kapitalisasi tether mencapai USD 73,88 miliar.

5. Solana (SOL)
Posisi kelima berdasarkan kapitalisasi pasar ditempati oleh solana yaitu decentralized finance atau DeFi sekaligus rival utama ether. Hal ini karena solana mengalami percepatan kenaikan harga dengan laju hampir mendekat layer satu yang mana kapitalisasi pasarnya sudah menyentuh level USD 73,29 miliar.

6. DogeCoin (DOGE)
Beranjak dari posisi top 5 cryptocurrency list, DogeCoin menjadi salah satu koin kripto yang menjadi buah bibir dan menarik perhatian para investor global.

Pasalnya koin meme ini banyak acap kali disebut-sebut dalam cuitan Elon Musk lantas berimbas pada harga dogecoin itu sendiri. Koin berlogo anjing ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 34,73 miliar alhasi menempati posisi ke sembilan.

7. Shiba Inu (SHIB)
Selain dogecoin, koin shiba inu juga banyak diperbincangkan di kalangan penggemar kripto dan para investor. Lagi dan lagi Elon Musk menjadi sentimen paling berpengaruh terhadap pergerakkan harga shiba inu.

Dimana pada akun Twitter CEO Tesla ini mengunggah anjing shiba miliknya yang mana anjing jenis itu juga menjadi logo dri shiba inu. Kapitalisasi pasar shiba inu adalah USD 18,87 sehingga menempatkan diri di posisi ke-11.

Demikianlah cryptocurrency list berdasarkan nilai kapitalisasi pasar di perdagangan global. Yang mana mungkin dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan terutama bagi para investor baru di bidang aset kripto.

Untuk berinvestasi di koin – koin tersebut Anda bisa membeli melalui perusahaan pedagang aset kripto baik di domestik maupun pedagang internasional.

Jika Anda memutuskan membeli di trader dalam negeri maka pastikan sudah terdaftar secara resmi di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).