Intip 4 Daftar Terbaik Saham Blue Chip 2021

Di Indonesia sendiri, saham blue chip sangatlah diminati oleh para investor, baik investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman. Saat ini pun sudah banyak ragam saham blue chip yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

Saat ini, kemampuan masyarakat dalam mengelola keuangannya semakin meningkat. Peningkatan ini terjadi seiring dengan semakin mudahnya akses masyarakat ke sarana edukasi finansial, baik secara online maupun secara langsung.

Salah satu cara yang menjadi andalan masyarakat dalam rangka mengelola keuangan dan mendapatkan keuntungan tambahan adalah investasi, khususnya investasi saham. Oleh karena itu, tak heran popularitas dari investasi saham semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Namun, sampai sekarang masih banyak orang yang kebingungan dalam memahami arti dari jenis saham yang satu ini. Oleh karena itu, yuk kita simak pembahasan lengkap mengenai saham blue chip di bawah ini!

Mengenal istilah saham blue chip

Sebenarnya, sistematika jual beli saham blue chip sama dengan jenis saham pada umumnya. Namun, dibedakan berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Secara garis besar,saham ini merupakan jenis saham yang ditawarkan oleh perusahaan besar dengan kapitalisasi pasar di atas 40 triliun rupiah. Oleh sebab itu,

Umumnya perusahaan yang menawarkan saham merupakan perusahaan yang telah matang secara finansial serta selalu memimpin atau berada di peringkat teratas pada sektor usahanya masing-masing.

Kriteria lainnya dari perusahaan dengan saham blue chip adalah perusahaan tersebut telah berhasil menjaga kestabilan keuangannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Karena hal tersebut, rata-rata perusahaan blue chip selalu menjadi penggerak utama dalam menentukan arah indeks harga saham gabungan (IHSG), karena perusahaan tersebut cenderung memiliki pertumbuhan keuangan yang baik dari waktu ke waktu.

Dari segi tingkat risiko, saham blue chip termasuk saham yang berisiko rendah karena perkerakannya yang cenderung stabil. Selain itu, peluang keuntungan dari investasi saham juga cenderung besar sejalan dengan pertumbuhan perusahaan yang mendominasi pasar.

Saat ini, sudah ada banyak saham Indonesia berkategori blue chip yang dapat diinvestasikan oleh masyarakat, sehingga calon investor harus menentukan produk blue chip terbaik. Berikut ini telah kami sajikan daftar terbaik saham blue chip 2021:

Daftar Terbaik Saham Blue Chip 2021

Secara umum, saham terbaik dapat dilihat melalui pertumbuhan atau kenaikan harga dari awal hingga akhir tahun, serta nilai dividen yang tertinggi. Berikut ini daftar saham blue chip Indonesia terbaik di tahun 2021:

1. Bank Central Asia / BCA (BBCA)
Bank Central Asia atau BCA memang sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Bank swasta yang satu ini memang sudah dikenal memiliki jaringan yang cukup luas di seluruh negeri, serta jumlah nasabah yang sangat banyak dan terus bertambah.

Dari segi kinerja sahamnya, saham BCA memiliki volume investasi sebesar 11.378.100 lembar saham. Harga terakhir dari saham BCA tercatat menyentuh angka Rp31.950. Oleh sebab itu, saham BCA dinilai memiliki tingkat Return on Asset (ROA) yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan saham yang ditawarkan oleh bank lain.

2. PT. Tower Bersama Infrastruktur Tbk (TBIG)
Bagi masyarakat umum, nama perusahaan yang satu ini mungkin terdengar asing. Namun bagi para investor terutama jenis saham blue chip, PT. Tower Bersama Infrastruktur Tbk atau TBI sudah sangat dikenal karena termasuk jajaran perusahaan penyedia saham blue chip terbaik di tahun 2021.

Perusahaan ini sendiri sebenarnya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, khususnya berperan sebagai penyedia menara telekomunikasi dengan jaringan terbesar di Indonesia.

Pada awal tahun 2021, harga saham TBIG tercatat di level 1.715. Perusahaan yang satu ini berhasil membuktikan kinerjanya yang cukup baik dengan mempertahankan peningkatan yang cukup signifikan.

Pada saat penutupan perdagangan pada 14 Desember, saham TBIG tercatat naik ke level 3.100. Dengan peningkatan tersebut, TBIG berhasil menoreh kenaikan mencapai 44,68 persen.

3. PT Indofood
Indofood memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen makanan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki kinerja saham yang baik, karena berhasil mencatatkan laba dengan nilai return on equity (ROE) atau tingkat pengembalian laba atas total ekuitas yang mencapai 21%. Selain itu, perusahaan ini juga mencatatkan return on asset (ROA) atau imbal hasil laba atas total aset yang mencapai 13,7%. Persentase sebesar ini tergolong jauh melampaui saham perusahaan makanan lainnya.

4. PT Adaro Energy Tbk (ADRO)
PT Adaro Energy adalah perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia. Pada awal tahun 2021, saham perusahaan ini berada di angka 1.445. Sepanjang tahun, saham ADRO memang sempat mengalami pergolakan, namun akhirnya berhasil mencatatkan angka sebesar 1.920 di akhir tahun.

. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa saham ini dapat dijadikan pilihan investasi yang tepat karena risikonya yang kecil serta peluang keuntungan yang besar.

Selain itu, saat ini sudah ada beragam saham yang diperdagangkan di Indonesia, sehingga Anda dapat menentukan produk saham blue chip dengan kinerja terbaik untuk memperbesar peluang keuntungan Anda di periode berikutnya.