Mengenal Apa Itu Cryptocurrency Mining dan Cara Melakukannya

Semakin berjalannya waktu, digitalisasi segala hal sangat gencar dilakukan. Tidak terkecuali dalam dunia keuangan. Cryptocurrency atau uang yang merupakan hasil dari digitalisasi, semakin populer keberadaannya.

Banyak sekali masyarakat yang semakin penasaran dan akhirnya tertarik untuk mengenal dunia crypto lebih jauh. Namun, banyak sekali yang bisa dilakukan dalam dunia cryptocurrency, salah satunya adalah menambang crypto itu sendiri, yaitu cryptocurrency mining.

Apa Arti dari Cryptocurrency Mining?

Crypto sendiri merupakan uang digital, kriptografi menjadi jaminannya, karena kriptografi merupakan sebuah metode untuk melindungi segala jenis informasi komunikasi dan tentunya dengan menggunakan kode sebagai pelindungnya.

Dan ada banyak jenis crypto yang bisa anda gunakan, misalnya bitcoin, ethereum, binance coin, tether, serta cardano. Semuanya bisa anda percayai karena kelima jenis tersebut telah menduduki posisi teratas jenis crypto paling populer. Apalagi bitcoin, yang merupakan mata uang crypto paling pertama muncul, sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Mining sendiri memiliki arti menambang. Dan Crypto Mining merupakan menambang uang crypto. Namun, memiliki sebutan menambang tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan menambang emas dan menambang crypto sama susahnya. Karena menambang crypto sama saja seperti pemecahan masalah matematika yang cukup rumit.

Bagaimana Cara Melakukan Cryptocurrency Mining?

Saat ini, anda tidak perlu khawatir kesulitan saat menambang crypto, karena anda bisa mengikuti cara untuk menambang berikut ini agar lebih mudah. Dan nyatanya memang ada banyak sekali cara untuk menambang crypto.

Dan cara yang akan dirangkum berikut ini adalah cara yang paling efektif dan juga terpercaya pastinya. Karena bagaimana pun juga, anda perlu melakukan mining dengan cara yang benar.

1. Pool Mining
Cryptocurrency Mining di pool mining atau kolam penambangan merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan oleh para pemula karena cara ini lebih sederhana sehingga para pemula tidak akan kesulitan atau kebingungan.

Di sini, para miner perlu menambang dengan penambang lain untuk melakukan Cryptocurrency Mining bersama-sama. Jika para penambang berhasil mendapatkannya, maka hasil dan juga imbalan akan dibagi-bagikan secara merata tentunya. Anda bisa mengajak rekan anda untuk melakukan mining bersama dan mendapatkan keuntungan bersama. Untuk dapat melakukan ini, anda harus mendaftarkan diri ke pool ini dan menunggu persetujuan untuk anda bergabung, dan anda akan segera melakukan Cryptocurrency Mining.

2. Cloud Mining
Selain pool mining, terdapat cloud mining yang hanya membutuhkan penyedia layanan cloud mining. Sehingga cara ini cukup simpel karena tidak menggunakan alat yang canggih atau modern.

Anda bisa menggunakan penyedia Cloud terpercaya untuk melakukan mining, misalnya Genesis Mining, Hashing24, Hashflare, dan masih banyak lagi penyedia yang bisa anda gunakan untuk melakukan cryptocurrency mining. Namun, pilihlah cloud yang populer dan pastinya terpercaya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan.

3. Solo Mining
Solo Mining, atau menambang crypto sendiri tanpa orang lain. Cara menambang ini bisa anda lakukan jika anda tidak ingin membagikan hasil penambangan kepada rekan mining lainnya. Namun memang, untuk melakukan solo mining sendiri, anda perlu menyediakan perangkat yang lebih banyak, seperti PC, hard drive, RAM, motherboard, dan masih banyak lagi yang dapat digunakan, seperti listrik yang besar.

Maka dari itu, solo mining bisa dibilang lebih ribet namun hasilnya cukup besar karena anda tidak perlu membagikan hasil kepada siapapun.

Namun jika anda seorang pemula dalam hal crypto, lebih baik anda melakukan mining dengan cara di atas tadi, yaitu pool ataupun cloud. Karena solo mining ini biasanya dilakukan oleh miner ahli yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang cryptocurrency.

Maka dari itu lah, solo mining terlihat lebih sulit namun memang pendapatannya atau keuntungan yang didapat cukup besar dan menggiurkan. Namun memang sebanding dengan usaha yang harus dilakukan, karena jelas melakukan penambangan sendiri sangat sulit dilakukan.

Maka dari itu, untuk melakukan solo Cryptocurrency Mining sebenarnya harus sudah siap dengan peralatan dan juga mentalnya. Adapun perangkat keras atau hardware untuk melakukan solo mining yang dapat digunakan adalah ASIC, Bitcoin software seperti Miner, BTS, CG Miner, dan masih banyak software terpercaya lainnya yang bisa anda gunakan.

Bukan hanya soal perangkat dan keahlian, modal untuk melakukan solo mining juga cukup besar sehingga resiko juga cukup besar. Maka dari itulah, solo mining biasanya memang dilakukan oleh para ahli di bidang mining crypto, karena keuntungan yang akan didapatkan jika miner handal itu berhasil, maka akan sangat besar jumlahnya dan akan sangat menguntungkan.

Crypto Mining Melalui Android?

Namun, seperti yang kita ketahui, semua inovasi dapat dibuat dengan sangat mudah. Bahkan sekarang anda bisa melakukan mining atau menambang uang crypto hanya dengan menggunakan perangkat ponsel android.

Sehingga anda bisa melakukan penambangan di manapun anda berada dan kapanpun anda siap. Hanya membutuhkan ponsel, software, dan juga koneksi internet yang memadai, anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

1. MinerGate Mobile Miner
Ini merupakan aplikasi untuk Cryptocurrency Mining melalui ponsel android. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu agar bisa segera melakukan mining. Adapun aplikasi ini bisa dipakai untuk mining altcoin yang selain bitcoin. Misalnya dash, quazar coin, monero, digital note, serta moneta verde.

2. Bitcoin Miner
Bitcoin miner merupakan aplikasi Cryptocurrency Mining yang bisa dilakukan di android yang cukup populer. Interface yang luar biasa, dan sistem yang sangat bagus sehingga banyak pengguna yang merasa puas dengan kinerjanya.

Maka dari itu, banyak yang mengulas dengan respon positif terhadap aplikasi ini. Anda bisa menambang berbagai macam koin, tidak hanya bitcoin, dan anda bisa melakukan sepuasnya.

Inilah serba-serbi terkait cryptocurrency Mining yang dapat anda serap ilmunya. Serta anda juga bisa menerapkannya jika tertarik untuk melakukan mining crypto.

Namun, yang perlu diingat adalah dengan menggunakan platform terpercaya untuk melakukannya. Sehingga tidak akan terjadi hal hal di luar kendali yang tidak diinginkan.