Penjelasan Mengenai Crypto Mining. Yuk Simak

Pernahkah anda mendengar mengenai istilah crypto mining? Istilah tersebut menjelaskan sebuah kondisi yang disebut sebagai penambangan crypto. Kondisi ini dapat dikatakan sebagai sebuah serangan cyber terbaru yang jumlahnya saat ini sedang meningkat dan umumnya dilakukan oleh kelompok cyber criminals.

MIT Technology Review mengatakan bahwa mining merupakan sebuah proses komputasi dari jaringan yang ada di cryptocurrency yang lengkap untuk dapat memverifikasi catatan transaksi pengguna, yang sering disebut sebagai blockchain, dan mampu menerima koin digital sebagai gantinya”.

Dapat dikatakan bahwa para miners bekerja untuk mampu memecahkan sebuah persoalan matematika yang kompleks untuk dapat menghasilkan pendapatan dalam bentuk mata uang secara digital, seperti Ethereum, Bitcoin, Monero, dan mata uang lainnya.

Proses dari penambangan kripto membutuhkan perangkat keras yang cukup canggih serta sumber daya CPU yang signifikan untuk dapat menciptakan cryptocurrency.

Nah untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai penambangan kripto yaitu sebagai berikut

Bagaimana Cara Kerja Crypto mining

Crypto mining pada umumnya akan menyebar melalui satu dari dua cara yang ada yaitu yang pertama adalah dengan menggunakan malware. Prosesnya adalah malware akan dikirimkan melalui sebuah lampiran atau tautan email yang berbahaya.

Setelah diteliti, dapat dipastikan bahwa terdapat 23% organisasi secara global telah dipengaruhi oleh malware penambangan kripto, pada Januari 2018 yang merupakan angka yang cukup tinggi.

Pendekatan kedua adalah dengan cara menginfeksi penyedia konten dari pihak ketiga yang umumnya digunakan oleh berbagai situs yang sedang dijual dan diperdagangkan tinggi.

Sebagai contoh adalah provider iklan mungkin akan ditargetkan karena memiliki akses ke ribuan situs web hingga mencapai jutaan orang. Pendekatan kedua ini dapat memberikan return yang akan lebih substansial untuk penyerang (attacker).

Saat pengguna secara sengaja maupun tidak sengaja mengunjungi situs tersebut, maka secara tidak langsung mereka telah “menyumbangkan” kekuatan untuk memproses komputasi kepada penyerang saat mereka berada di page yang dikirimkan.

Bagaimana Penyerang Menggunakan Daya dari Perangkat Anda

Dengan menggunakan sumber daya komputasi, para miners dapat dengan mudah meningkatkan usaha mining dengan melakukan pembelian peralatan mahal karena mereka berprinsip “pan for digital gold” atau mencari emas digital.

Semakin tinggi kekuatan kolektif dan kecepatan miners atau penyerang yang mampu dikumpulkan, semakin besar pula nilai kripto pembayarannya.

Bagaimana Jika Anda Telah Diserang ?

Banyak kasus yang terjadi dimana pengguna tidak akan dapat menemukan malware di perangkat Anda masing-masing, namun sejak tipe serangan ini dapat menyerang tanpa hal tersebut, jadi satu-satunya indikasi yang mungkin terjadi adalah dilihat dari grafik penurunan performa komputer Anda

Mengapa Hal ini Penting?

Serangan ini sangat memprihatinkan karena kekuatan komputasi pengguna yang saat ini dapat dibajak oleh penyerang dengan mudah hanya dengan mengklik situs sehingga terbawa untuk mengunjungi situs yang terinfeksi atau situs yang menggunakan sarana pihak ketiga yang telah terinfeksi.
Jadi akan sangat mudah untuk siapapun mengalami penambangan kripto.

Bagaimana Cara untuk Melindungi Perangkat dari Crypto Mining?

Hal yang paling penting adalah anda memantau web atau situs yang anda kunjungi serta melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan perangkat anda agar tidak terlanjur mengalami kerusakan yang semakin lama akan semakin menggerogoti.

Cara Crypto Mining yang Sedang Menghantui

Saat ini sangat banyak aplikasi yang tersebar di internet yang menggunakan aplikasinya untuk melakukan penambangan crypto atau yang disebut sebagai crypto mining.

Deretan aplikasi ini umumnya akan menawarkan dashboard virtual dimana para korban seakan-akan bisa memantau secara real time tingkat dan kecepatan penambangan dari kripto.

Kemudian, dalam dashboard tersebut korban akan mampu melihat berapa banyak koin virtual yang telah dihasilkan dari layanan yang digunakan oleh para korban.

Dalam investigasi Lookout kepada berbagai kode yang berjalan di dalam sebuah aplikasi dan lalu lintas data jaringannya, jumlah koin yang dapat ditambang itu ternyata adalah palsu.

Di saat itu, agar para korban tidak menyadari bahwa mereka saat itu sedang ditipu, beberapa aplikasi penampang crypto akan melarang korban untuk segera menarik penghasilannya atau dengan kata lain ditahan.

Para korban baru dapat menarik koin yang ditambang saat mampu mencapai batas minimal yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun pada akhirnya saat batas minimal itu sudah mampu dicapai oleh korban, hasil penambangan tersebut pun tetap tak bisa diambil dengan alasan aplikasi yang error.